Langsung ke konten utama

Pengertian Data Beserta Jenis-Jenis Data!

Pengertian Data
Pengertian Data
Pengertian Data Beserta Jenis-Jenis Data! - Apa itu Data? Data adalah informasi berupa keterangan yang didapat dari hasil pengamatan atau observasi untuk diolah, yang mana data ini dapat berbentuk angka, keterangan, catatan, gambar, rekaman suara ataupun informasi lainnya dalam upaya memahami suatu fenomena dan objek. Data berasal dari bahasa Latin yaitu kata Datum, maka dari itu data dapat dikatakan sebagai bentuk lain dari Datum yang memiliki makna "suatu yang diberikan". Dikutip dari Wikipedia (wikipedia.org/wiki/Data)  data adalah catatan atas kumpulan fakta.

Dalam suatu disiplin ilmu, data merupakan suatu fakta atau kumpulan fakta yang selanjutnya dikembangkan menjadi informasi yang dapat disampaikan kepada masyarakat awam dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Ketika data yang didapat banyak sekali, maka dapat dilakukan pemisahaan berdasarkan persamaan atau perbedaannya yang terdapat dalam data tersebut, hal ini biasa disebut sebagai Pengklasifikasian atau Klasifikasi. Data yang baik merupakan data yang andal atau reliable (andal disini adalah dapat dipercaya atau kredibel.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI - kbbi.web.id/data) Data adalah keterangan yang benar dan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian dalam menganalisis atau mengambil kesimpulan.
Adapun jenis data berdasarkan KBBI adalah sebagai berikut:
  • Data Digital adalah data yang berkaitan dengan numerik atau angka untuk suatu sistem perhitungan tertentu.
  • Data Kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka dan diperoleh dari wawancara, interview, dialog, pengamatan, rekaman, informasi tertulis, dan pendapat subjek atau objek yang berkaitan.
  • Data Lapangan adalah kumpulan data yang didapat dari pengukuran langsung di lapangan.
  • Data Lisan adalah data yang diperolah dari narasumber atau dapat dikatakan informan.
  • Data Pribadi adalah data yang memuat identitas seseorang seperti naman, jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, alamat, dan lain sebagainya atau bisa disebut sebaga biodata.
  • Data Primer adalah data yang didapat dari objek suatu penelitian, atau lebih sederhananya adalah data tersebut harus dicari untuk mendapatkannya.
  • Data Relevan adalah data yang mempunyai hubungan.
  • Data Sekunder adalah data yang tersedia.
  • Data Tertulis adalah data yang berasalah dari informasi yang tertulis.
Jenis-jenis Data
Jenis-jenis Data

Jenis-jenis Data
Sebagaimana jenis-jenis data berdasarkan KBBI, jenis-jenis data dapat dilihat dari sumbernya, metode pengamatan atau pengumpulannya, dan sifatnya. 

Berikut jenis-jenis data berdasarkan dari Sumbernya, yaitu:

  • Data Internal - Data Internal adalah data yang berasal dari dalam suatu perusahaan atau orgnasisi, atau institusi, atau yang lainnya, di mana data internal ini memberikan gambaran akan keadaan dan kondisi di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Misalnya, data perusahaan mengenai jumlah karyawan, data penjualan, data laba rugi, laporan keuangan internal, dan lain sebagainya.
  • Data Eksternal - Data Eksternal adalah data yang bersumber dari luar suatu perusahaan atau organisasi yang dapat memberikan gambaran terkait informasi yang ada di luar organisasi atau perusahaan. Misalnya, data terkait dengan minat konsumen dan daya beli yang mempengaruhi penjualan.
Berikut jenis-jenis data berdarkan metode pengumpulannya atau cara memperolehnya, yaitu:
  • Data Primer (Primary Data) - adalah data yang harus dicari. Data Primer ini dapat diperoleh dengan bebgerapa teknik, misalnya wawancara, mengamati, dalog, atau pengajuan kuisioner dari objek yang diteliti dalam rangka kepentingan studi.
  • Data Sekunder (Secondary Data) - adalah data yang sudah tersedia yang berkaitan dengan suatu penelitian atau studi. Data Sekunder biasanya berupa dokumen seperti arsip-arsip, dan laporan keuangan.
Berikut jenis-jenis data berdasarkan sifatnya, yaitu:
  • Data Kualitatif - Data Kualitatif adalah data yang berbentuk deskriptif atau data yang tidak numerik yang menyatakan seuatu informasi. Data Kualitatif biasa berupa data yang diperoleh dari hasil wawancara, interview, ataupun pengajuan kuisioner.
  • Data Kuantitatif - Data Kuantitatif adalah data yang berbentuk angka. Misalnya, data laporan keuangan, index harga saham, data penjualan, dan lain sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Pengertian, Contoh Kasus dan Fungsi Stereotip Etnis

P ENJELASAN CONTOH KASUS DAN  PENGERTIAN STEREOTIP & STEREOTIPE ETNIS Stereotip Etnis D efinisi atau pengertian tentang Stereotip: Stereotipe adalah salah satu sumber ketegangan antarsuku bangsa di Indonesia, yang masing-masing mempunyai latar belakang lingkungan alam dan sosial-budaya sendiri. Water Lippman sampai saat ini dianggap sebagai orang pertama yang merumuskan stereotip dan membahasnya secara ilmiah dalam bukunya : Public Opinion, terbit tahun 1922. Sejak itulah stereotipe mendapatkan tempat dalam literatur ilmu-ilmu sosial, baik sebagai konsekuensi maupun sebagai peramal tingkah laku manusia. Stereotpi  Stereotip  adalah salah satu mekanisme penyederhana untuk mengendalikan lingkungan, karena keadaan lingkungan yang sebenarnya terlalu luas, terlalu majemuk, dan bergerak terlalu cepat untuk bisa dikenali dengan langsung.  Streotipe  merupakan opini atau presepsi mengenai masyarakat dari suatu kelompok, dimana opini tersebut hanya berdasar bahwa masyarakat t