Langsung ke konten utama

Pengertian Analisis: Apa definisi dari Analisis?

Pengertian Analisis: Apa definisi dari Analisis?
Pengertian Analisis: Apa definisi dari Analisis?

Pengertian Analisis

Pengertian Analisis: Apa definisi dari Analisis? Analisis adalah proses untuk memeriksa suatu hal secara cermat, rinci, dan tersusun sehingga dapat mengidentifikasi dan mengambil kesimpulan mengenai penyebab, faktor-faktor yang mempengaruhi, mendefinisikan hasil identifikasi untuk membedakan dan menyeleksinya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Analisis adalah berupa mekanisme yang berupa rankaian kegiatan mengolah, mengawasi, dan observasi terkait hal-hal yang dianalisis untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan kemudian dijelaskan arti dari hasil analisis tersebut.
Pengertian lain dari analisis, analisis adalah tindakan yang dilakukan seseorang untuk memahami sesuatu (informasi, objek, fakta, gejala). Analisis juga dapat diartikan sebagai proses menguraikan suatu hal (informasi) menjadi bagian-bagian kecil untuk memudahkan dalam memahami dan memaknainya.

Proses atau tahapan analisis adalah serangkaian aktivitas yang merangkum sejumlah data-data, di mana data tersebut masih dalam keadaan mentah (belum diolah/ RAW) dan dirubah menjadi informasi yang dapat diinterpretasikan. Kategorisasi atau pemisahan dari komponen-komponen atau bagian-bagian yang relevan dari seperangkat data juga merupakan bentuk analisis untuk membuat data-data tersebut mudah diatur. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti.

Baca: Pengertian Data dan Jenis-Jenis Data!
  • Pengertian analisis dalam Kamus Akuntansi
    Analisis adalah melaksanakan penilaian terhadap kondisi dari semua pos atau semua ayat jurnal yang tersedia yang berkaitan dengan sistem akuntansi dan dasar-dasar yang menjadi pertimbangan dalam melakukan analisis.
  • Pengertian analisis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
    Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya) atau analisi adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

  • Menurut ANNE GREGORY: Analisis adalah  langkah pertama dari proses perencanaan
  • Menurut DWI PRASTOWO DARMINTO & RIFKA JULIANTY: Analisis merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
  • Menurut SYAHRUL & MOHAMMAD AFDI NIZAR: Analisis berarti melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul .
  • Menurut WIRADI: Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya.
  • Menurut KOMARUDDIN: Analisis adalah kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pengertian analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa analisis adalah serangkaian aktivitas berfikir dan proses berfikir yang telah direncanakan dengan melihat suatu hal (data, informasi, fenomena fakta, dan objek) secara kritis yang kemudian diinterpretasikan.

Definisi Pengertian Tentang Apa itu Pengertian Analisis: Apa definisi dari Analisis? yang dipersembahakan oleh www.pengertian-definisi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Pengertian, Contoh Kasus dan Fungsi Stereotip Etnis

P ENJELASAN CONTOH KASUS DAN  PENGERTIAN STEREOTIP & STEREOTIPE ETNIS Stereotip Etnis D efinisi atau pengertian tentang Stereotip: Stereotipe adalah salah satu sumber ketegangan antarsuku bangsa di Indonesia, yang masing-masing mempunyai latar belakang lingkungan alam dan sosial-budaya sendiri. Water Lippman sampai saat ini dianggap sebagai orang pertama yang merumuskan stereotip dan membahasnya secara ilmiah dalam bukunya : Public Opinion, terbit tahun 1922. Sejak itulah stereotipe mendapatkan tempat dalam literatur ilmu-ilmu sosial, baik sebagai konsekuensi maupun sebagai peramal tingkah laku manusia. Stereotpi  Stereotip  adalah salah satu mekanisme penyederhana untuk mengendalikan lingkungan, karena keadaan lingkungan yang sebenarnya terlalu luas, terlalu majemuk, dan bergerak terlalu cepat untuk bisa dikenali dengan langsung.  Streotipe  merupakan opini atau presepsi mengenai masyarakat dari suatu kelompok, dimana opini tersebut hanya berdasar bahwa masyarakat t