Langsung ke konten utama

Tentang Kebudayaan

Definisi atau Pengertian dari Kebudayaan: 

Kebudayaan diartikan dengan hal-hal yang menyangkut kesenian dan ada istiadat. Bahkan tidak jarang media massa pun ikut mempopulerkan istilah kebudayaan terbatas pada hal-hal yang bersangkutan dengan unsur seni. Hal ini berarti telah terjadi penyempitan terhadap makna kebudayan.

Akar kata Kebudayaan adalah budaya, yang berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (akal atau budi) sehinggi dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal seorang manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Hal ini dapat diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture disini diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia

Budaya - Kebudayaan
Budaya Kebudayaan
Budaya merupakan cara hidup yang berkembang & dimiliki bersama oleh sebuah komunitas atau kelompok orang yang diwariskan secara turun temurun, dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari kepercayaan, kebiasaan, dan lain sebagainya, namun budaya terbentuk berasalah dari banyak unsuk yang rumit, termsauk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, perkakas, karya seni, dan bangunan. Bahasa (alat komunikasi) sebagaimana juga budaya, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung mengangpnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh. Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut enentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosiobudaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Di samping itu pendapat para ahli lain mengupas kata kebudayaan sebagai perkembangan dari kata majemuk budi dan daya, yang berarti daya dari budi (kemampuan berasal dari akal) yang berupa rasa, karsa, dan cipta, maka kebudayaan diartikan sebagi hasil dari cipta rasa dan karsa manusia dalam memnuhi kebudayaan imaterial. Kebudayaan/jasmaniah adalah kebudayaan yang dapat diraba, dilihat secara konkrit/nyata atau yang bersifat kebendaan. Contohnya pakaiaan, gedung, meja, buku, dan sebaginya.

Definisi Pengertian Tentang Apa itu Pengertian Kebudayaan yang dipersembahakan oleh www.pengertian-definisi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Pengertian, Contoh Kasus dan Fungsi Stereotip Etnis

P ENJELASAN CONTOH KASUS DAN  PENGERTIAN STEREOTIP & STEREOTIPE ETNIS Stereotip Etnis D efinisi atau pengertian tentang Stereotip: Stereotipe adalah salah satu sumber ketegangan antarsuku bangsa di Indonesia, yang masing-masing mempunyai latar belakang lingkungan alam dan sosial-budaya sendiri. Water Lippman sampai saat ini dianggap sebagai orang pertama yang merumuskan stereotip dan membahasnya secara ilmiah dalam bukunya : Public Opinion, terbit tahun 1922. Sejak itulah stereotipe mendapatkan tempat dalam literatur ilmu-ilmu sosial, baik sebagai konsekuensi maupun sebagai peramal tingkah laku manusia. Stereotpi  Stereotip  adalah salah satu mekanisme penyederhana untuk mengendalikan lingkungan, karena keadaan lingkungan yang sebenarnya terlalu luas, terlalu majemuk, dan bergerak terlalu cepat untuk bisa dikenali dengan langsung.  Streotipe  merupakan opini atau presepsi mengenai masyarakat dari suatu kelompok, dimana opini tersebut hanya berdasar bahwa masyarakat t