Langsung ke konten utama

Pengertian Protein: Manfaat dan Fungsi Protein

Pengertian Protein: Manfaat dan Fungsi Protein
Pengertian Protein: Manfaat dan Fungsi Protein

Pengertian Protein: Manfaat dan Fungsi Protein
- Akar kata Protein yaitu berasal dari Bahasa Yunani yang artinya “yang paling utama”. Lalu apa itu pengertian protein? Protein adalah senyawa organik yang susunannya cukup rumit dan unsur yang memiliki jenis molekul yang tinggi dan molekul protein ini di dalamnya terdiri dari beberapa unsur yaitu karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen selain itu juga seringka mengandung sulfur serta fosfor, di mana protein ini salah satu polimer dari monomer asam amino yang selanjutnya saling dihubungkan dengan ikatan peptide sehingga protein ini berfungsi dan memiliki peran penting dalam strutur seluruh sel makhluk hidup termasuk virus. Khususnya dalam tubuh manusia, protein sendiri merupakan unsur terbanyak setelah air yang dapat ditemukan pada tulang, darah, enzim, otot, kulit, hormon, dan intraseluler.

Sebagaiman penjelasan mengenai pengertian protein di atas, protein merupakan unsur yang memiliki jenis molekul yang tinggi yaitu 5 ribu s/d jutaan dan memiliki peran penting sebagai neotransmiter yang bertugas menyalurkan oksigen ke dalam darah serta membantu dalam proses pembentukan struktur sel-sel dalam tubuh termasuk virus. Protein juga berfungsi sebagai salah satu sumber energi dalam tubuh.

Lalu apa itu Asam Amino? Asam amino merupakan unsur (senyawa) organik yang terseusun atas dua gugus fungsional yaitu amina (-NH2) dan karboksil (-COOH), di sisi lain asam amino seringkali terikat pada satu atom yang sejenis yaitu karbon (C "alfa" atau α). Perlu diketahui bahwa asam amino memiliki 20 macam dan terbagi dari dua macam asam amino yaitu Asam Amino Esensial dan Asam Amino Non-Esensial.

Protein adalah suatu molekul yang cukup besar dalam penyusunan unsur-unsur utama makhluk hidup selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida. Pada tubuh manusia sendiri protein dapat menyumbang sekitar 20% berat badan dari toal berat badan. Protein ini dapat dianalogikan sebagai sebuah mesin yang mengelola dan menjaga operasionalisasi seluruh fungsi tubuh makhluk. Dalam tubuh manusia sendiri, terdapat sekitar 100.000.000.000.000 (100 Triliun) sel, di mana masing-masing sel mempunyai karakteristik dan fungsinya sendiri. Setiap sel memiliki susunan protein yang berbeda-beda serta bersama-sama untuk memanfaatkan sel-sel yang ada melakukan tugasnya.

Fungsi dan Manfaat Protein
Fungsi protein dan manfaat protein adalah untuk membantu proses perkembangan jaringan-jarangan, organ-organ, dan sel-sel pada tubuh sekaligus memeliharanya, berikut fungsi dan manfaat protein lainnya:
  1. Berfungsi sebagai pengatur dan untuk menjaga keseimbangan kadar asam basa dalam tubuh sekaligus menjaga keseimbangan tersedianya cairan dalam tubuh.
  2. Berfungsi dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel dan jaringan-jaringan rusak yang ada dalam tubuh.
  3. Membuat hormon (sintesis hormon), yang membantu sel-sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan kegiatan tubuh.
  4. Berfungsi untuk menghasilkan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
  5. Protein berfungsi dan memiliki peran dalam pembentukan dan penyusunan otot-otot pada tubuh.
  6. Berfungsi untuk  mengatur dan menjalankan proses metabolisme serta menghasilkan enzim, enzim di sini berfungsi untuk memberikan ruang pada saat reaksi biokimia terjadi seperti penyaluran oksigen melalui darah.
  7. Sebagai sumber energi sekaligus sebagai cadangan energi bagi tubuh selain karbohidrat dan lemak, di mana setiap 1gram protein dapat menghasilkan sekitar 4 kalori.
Akibat Kekurangan Protein
Sudah diketahui, bahwa protein merupakan elemen atau unsur yang memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh dan ketika tubuh kekurangan protein akan mengakibatkan timbulnya suatu penyakit. Salah satu penyakit yang timbul akibat kekurangan protein adalah Kwasiorkor (Penyakit yang timbul akibat kekurangan protein). Kwasiorkor ini biasanya terjadi pada balita – anak-anak, biasa disebut busung lapar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Pengertian, Contoh Kasus dan Fungsi Stereotip Etnis

P ENJELASAN CONTOH KASUS DAN  PENGERTIAN STEREOTIP & STEREOTIPE ETNIS Stereotip Etnis D efinisi atau pengertian tentang Stereotip: Stereotipe adalah salah satu sumber ketegangan antarsuku bangsa di Indonesia, yang masing-masing mempunyai latar belakang lingkungan alam dan sosial-budaya sendiri. Water Lippman sampai saat ini dianggap sebagai orang pertama yang merumuskan stereotip dan membahasnya secara ilmiah dalam bukunya : Public Opinion, terbit tahun 1922. Sejak itulah stereotipe mendapatkan tempat dalam literatur ilmu-ilmu sosial, baik sebagai konsekuensi maupun sebagai peramal tingkah laku manusia. Stereotpi  Stereotip  adalah salah satu mekanisme penyederhana untuk mengendalikan lingkungan, karena keadaan lingkungan yang sebenarnya terlalu luas, terlalu majemuk, dan bergerak terlalu cepat untuk bisa dikenali dengan langsung.  Streotipe  merupakan opini atau presepsi mengenai masyarakat dari suatu kelompok, dimana opini tersebut hanya berdasar bahwa masyarakat t